Apa itu Kebugaran Jasmani dan Bagaimana Cara Melatihnya ?

Apa itu Kebugaran Jasmani dan Bagaimana Cara Melatihnnya ?

Apa itu Kebugaran Jasmani dan Bagaimana Cara Melatihnya ? – Apa itu Kebugaran Jasmani dan Bagaimana Cara Melatihnnya ?, ada beberapa komponen atau unsur kebugaran jasmani yang dapat dikelompokkan menjadi 10 jenis. Dan salah satunya komponen kebugaran jasmani adalah kekuatan. Istilah lain dari tingkat atau kebugaran jasmani adalah physical fitness, kebugaran jasmani merupakan kemampuan tubuh dalam melakukan suatu aktivitas sehari-hari dan tidak mengalami rasa lelah yang berarti sehingga masih bisa melakukan aktivitas yang lainnya. Jika seseorang memiliki jasmani yang bugar, ia akan bisa melakukan segala aktivitas dengan lancar dan baik.

Kebugaran jasmani sangat lah penting bagi seseorang dalam melakukan sesuatu hal dan terdapat beberapa unsur dalam kebugaran jasmani di antaranya ialah kekuatan yang mana cara kita untuk bisa melatih kekuatan ialah melakukan gerakan sit up yang mana gerakan ini bisa melatih kekuatan otot perut sedangkan gerakan lain ialah squat jump yang mana dapat melatih kekuatan otot tungkai dan perut.

Tubuh yang kuat bisa didapatkan dengan cara berolahraga, Latihan fisik yang tepat dan teratur bisa membantu meningkatkan kekuatan tubuh. Berikut ini adalah jenis Latihan fisik yang berguna untuk meningkatkan kekuatan dan kebugaran jasmani.

 

Push-up

Push-up merupakan salah satu olahraga yang sangat sederhana dan dapat dilakukan oleh tiap individu. Ternyata, push-up bermanfaat untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas, yaitu melatih otot tricep, otot dada, dan bahu. Apabila, di saat kamu melakukan gerakannya dengan baik, tepat dan rutin, olahraga satu ini dapat menguatkan otot punggung dan otot perut.

Sit-up

Sit-up merupakan salah satu latihan olahraga sederhana yang dapat melatih beragam macam otot pada tubuh kita. Tidak hanya itu, gerakannya juga bermanfaat untuk membentuk otot perut, mengembangkan otot dada, menyeimbangkan tubuh, dan lain sebagainya. Apabila kamu melakukan kegiatan latihan sit-up yang baik, tepat dan rutin tiap minggunya.

Squat Jump

Squat jump adalah salah satu gerakan olahraga yang dilakukan dengan posisi awal tubuh berdiri dan kaki dibuka lebar. Kemudian, tangan diletakkan di belakang kepala, lalu sedikit melompat dengan mendarat pada posisi setengah jongkok, hingga lutut menekuk namun posisi lutut tidak melebihi jari-jari kaki. Biasanya, para atlet memanfaatkan Squat jump untuk melatih kelincahan dan kekuatan, terutama di bagian kaki dan persendian. Manfaat lainnya juga adalah untuk memperbaiki postur tubuh yang buruk.

Plank

Plank adalah jenis latihan fisik yang bisa membantu untuk mengencangkan otot punggung, dada, perut, dan bahu. Gerakan ini pun bisa dilakukan selama satu menit saat berolahraga, gerakan plank hampir mirip dengan push-up, tapi menggunakan lengan bawah sebagai tumpuan. Latihan ini sangat efektif untuk memperkuat otot yang berada di pusat tubuh Anda (otot inti tubuh), yaitu otot panggul, punggung bawah, pinggang, dan perut. Latihan plank juga efektif jika Anda ingin membentuk perut yang sixpack.

Burpees

Burpees meliputi gerakan jongkok (squat), menendang kedua kaki ke belakang, push-up, kembali melakukan squat, dan terakhir dengan Gerakan berdiri sambal meloncat. Manfaat burpees adalah menguatkan otot lengan dan paha serta menjaga kesehatan jantung.