Apa Itu Sinyal Trading Crypto? Berikut Penjelasannya

Apa Itu Sinyal Trading Crypto? Berikut Penjelasannya

Trading crypto semakin digemari akhir-akhir ini. Bagi yang bergabung dengan komunitas crypto, pasti tidak asing dengan istilah sinyal trading crypto yang sering muncul di forum diskusi. Sinyal trading crypto merupakan saran yang berisi sejumlah informasi mengenai trading.

Contohnya seperti kapan waktu yang tepat untuk bertransaksi, jenis mata uang yang tepat, berapa target keuntungan hingga level harga yang ditetapkan untuk titik stop loss. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini:

Sekilas Tentang Sinyal Trading Crypto Dan Cara Kerjanya

Sinyal ini tercipta melalui proses analisis dan pemikiran yang tidak mudah. Ada beberapa faktor yang mendasari yaitu analisis teknis, kondisi pasar, hingga berita dan rumor terbaru yang berhubungan dengan crypto.

Seorang trader biasanya membagikan beberapa sinyal gratisan melalui akun media sosial. Terdapat pula beberapa penyedia layanan yang memberikan sinyal crypto berbayar. Untuk sinyal berbayar, pengiriman sinyal biasanya dilakukan melalui email muapun aplikasi di smartphone dan sarana komunikasi lainnya. sinyal tersebut kemudian digunakan oleh para trader sebagai acuan dalam melakukan trading.

Apa Saja Jenis Sinyal Trading Crypto ?

Sinyal trading crypto sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis. Pembagian tersebut dilihat berdasarkan biaya dan teknologinya. Beberapa jenisnya antara lain :

1. Berdasarkan Biaya

Jika dikelompokkan berdasarkan biayanya terdapat 2 jenis sinyal yaitu sinyal gratis dan berbayar. Sinyal gratis tersebut disediakan secara free oleh provider bagi siapapun yang ingin mengakses informasi terkait trading. Namun, bagi trader ini diharuskan memiliki akun trading di platform, agen, maupun broker milik mereka.

Sedangkan untuk sinyal trading crypto berbayar, seorang trader akan diminta sejumlah biaya untuk berlangganan kepada penyedia layanan agar dapat mengakses informasi seputar sinyal. Jenis sinyal ini dianggap lebih terpercaya dibandingkan dengan sinyal gratis. Hal ini karena untuk jenis berbayar informasi yang tersedia juga lebih lengkap dengan disertai analisis untuk setiap saran yang diberikan.

2. Berdasarkan Teknologi

Berdasarkan teknologinya, sinyal ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu sinyal manual dan automatic. Pada sinyal manual, biasanya bergantung pada kecerdasan manusia karena dibuat oleh pakar perdagangan crypto maupun analis pasar individu. Sinyal ini menjadi jenis sinyal yang paling sederhana dan mudah ditemui di media sosial.

Untuk sinyal otomatis, sesuai dengan namanya, berfungsi secara otomatis dan dirancang menggunakan algoritma maupun bot perdagangan. Bot sendiri bertugas untuk memantau harga dan mengevaluasi pergerakan pasar. Selain itu juga akan memberikan informasi yang akurat mengenai trading. Kelebihan dari sinyal ini adalah tidak terpengaruh oleh kondisi emosional.

Cara Membaca Sinyal Trading Crypto

Pada dasarnya terdapat beberapa informasi yang dibagikan oleh provider melalui sinyal tersebut, yaitu buy/sell, aset yang harus dibeli, harga crypto terbaik dan take profit. Berikut penjelasan singkatnya:

  • Buy/sell : provider akan memberikan instruksi atau saran terkait waktu yang tepat untuk menjual maupun membeli crypto
  • Aset yang harus dibeli : di sinyal ini, terdapat informasi mengenai jenis aset crypto yang perlu dibeli maupun dijual pada waktu tertentu untuk memperoleh keuntungan
  • Harga crypto terbaik : terdapat informasi mengenai range harga beli terbaik, target peningkatan harga aset hingga grafik analisisnya
  • Take profit : berfungsi untuk memanajemen potensi keuntungan dan risiko kerugian. Take profit biasanya ditentukan dengan metode moving average

Sinyal trading crypto memberikan informasi yang lengkap untuk mengetahui update info terbaru terkait crypto. Bagi pemula, tentu akan sangat terbantu dengan adanya sinyal ini.