Cara Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Cara Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Panasnya sinar matahari di siang hari bisa menyengat kulit. Hal ini menjadi penyebab mengapa kulit kita menjadi kusam dan menghitam. Sebenarnya ada beberapa cara melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat anda lakukan saat pergi ke luar ruangan. Salah satunya menggunakan sunscreen pada kulit anda.

Banyak yang bertanya, mengapa sinar matahari jika terkena kulit secara terus-menerus bisa menjadikan kusam? Alasannya karena matahari mengandung sinar UVA dan UVB yang berbahaya jika terkena langsung oleh kulit. Namun tenang saja, manusia memiliki pigmen melanin yang fungsinya untuk melindungi sel-sel kulit karena adanya radiasi sinar matahari.

Tetapi untuk memberikan perlindungan yang ekstra pada kulit, anda perlu melakukan beberapa hal, seperti menggunakan krim SPF, menggunakan pakaian tertutup, mengenakan atribut penutup, makan sayur dan buah, serta hal-hal lainnya. Lakukan secara rutin agar kulit anda bebas dari bahaya radiasi sinar ultraviolet.

Cara Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Salah satu cara melindungi kulit dari sinar matahari anda bisa menggunakan payung. Namun cara ini cukup ribet dan justru bisa jadi pusat perhatian jika anda menggunakannya di tempat umum. Maka dari itu, anda perlu menyimak cara lainnya yang lebih praktis tentang cara melindungi kulit dari sinar matahari sebagai berikut.

  1. Mengenakan Pakaian yang Menutupi Kulit

Cara paling efektif dalam melindungi kulit dari sengatan sinar matahari, anda perlu mengenakan pakaian yang menutupi kulit. Contohnya anda bisa menggunakan baju lengan panjang dan celana panjang. Agar anda tak merasa gerah, anda bisa pilih pakaian dari bahan yang mudah menyerap keringat, misalnya terbuat dari bahan katun.

Selain menutupi kulit menggunakan pakaian, anda bisa gunakan atribut lainnya seperti topi, sarung tangan, kaos kaki atau sepatu untuk menutupi bagian kaki anda. pastikan ketika anda mengenakan masing-masing

  1. Memakai Kacamata Anti Silau

Sinar matahari di siang hari pastinya akan menyilaukan mata. Lama kelamaan, orang yang sering beraktivitas di bawah terik matahari akan mengalami gangguan penglihatan. Bahkan yang paling fatal adalah katarak dan kebutaan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, anda perlu menggunakan alat pelindung mata ketika beraktivitas di luar ruangan.

Alat pelindung mata yang dimaksud adalah kacamata yang mampu melindungi mata dari sinar UV. Jenis kacamata yang sering digunakan untuk melindungi mata dari silaunya matahari contohnya adalah kacamata hitam yang dilengkapi lapisan filter ultraviolet. Sehingga mata anda bisa lebih aman dari sinar matahari langsung.

  1. Menggunakan Tabir Surya Atau Sunscreen

Salah satu cara melindungi kulit dari sinar matahari adalah menggunakan tabir surya alias sunscreen. Sunscreen memiliki tekstur seperti krim yang bisa diaplikasikan ke kulit wajah dan kulit tangan untuk melindungi kulit dari UVA UVB. Pilih sunscreen yang memiliki kandungan SPF tinggi, misalnya SPF 30 atau SPF 50.

Sekarang sudah banyak skincare yang menyediakan produk sunscreen untuk perlindungan ekstra pada kulit. Penggunaan sunscreen yang paling efektif ketika anda beraktivitas di dalam ruangan maupun luar ruangan yakni mulai pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore.

  1. Rutin Minum Air Putih

Sering beraktivitas di bawah terik matahari membuat tubuh kekurangan cairan dan kulit pun menjadi kering. Untuk menjaga kelembapan kulit, maka anda perlu rutin mengonsumsi air putih mineral. Air putih sudah menjadi minuman yang wajib dikonsumsi oleh manusia karena kandungan airnya 100% yang baik bagi kesehatan tubuh.

Takaran yang tepat dalam mengkonsumsi air putih adalah sekitar 8 gelas per hari. Ada baiknya jika anda tak meminum air putih terlalu sedikit dan terlalu berlebihan. Jika kebanyakan aktivitas anda diluar ruangan, maka anda bisa meminum air mineral dalam kemasan agar lebih praktis.

  1. Menggunakan Jenis Make Up Ber-SPF

Jika pekerjaan di luar ruangan adalah suatu tuntutan yang wajib dilakukan, maka anda para perempuan harus memberi perlindungan ekstra pada wajah anda. Apalagi jika pekerjaan anda adalah bertemu dengan banyak orang, maka penampilan harus selalu diperhatikan. Gunakan jenis make up yang memiliki kandungan SPF.

Anda bisa gunakan BB cream, CC cream, DD cream, foundation, compact powder, loose powder, atau cushion yang memiliki kandungan SPF. SPF sendiri merupakan ukuran dalam melihat seberapa baiknya suatu produk sunscreen. Adapun beberapa pilihan SPF adalah 15, 20, 30 hingga 50 dengan besaran proteksi sinar UVB yang berbeda-beda.

  1. Rutin Mengkonsumsi Vitamin

Sering terpapar sinar matahari ternyata bisa menguras banyak energi dalam tubuh. Agar tubuh anda tetap fit, maka anda perlu mengonsumsi vitamin yang baik bagi tubuh. Ada beberapa jenis vitamin yang perlu anda konsumsi, mulai dari A, C, D, E, B1, B12, dan K. masing-masing jenis vitamin tersebut tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Sebagai salah satu cara melindungi kulit dari sinar matahari, anda bisa mengonsumsi vitamin dalam bentuk tablet ataupun minuman yang dibeli di apotek atau warung terdekat. Jika ingin lebih sehat, konsumsi vitamin yang berasal dari sayur atau buah.

  1. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Seperti pada poin sebelumnya, bahwa vitamin yang dibutuhkan dalam tubuh dapat ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Hal ini sangat relevan dengan pertolongan pertama dalam perlindungan kulit anda saat terkena sengatan matahari setiap harinya. Jika anda rajin mengkonsumsi buah dan sayur, dijamin kulit anda bisa lebih terjaga dan tidak mudah kering.

Perhatikan jenis sayur dan buah yang kaya vitamin dan zat-zat penting lainnya. Jika jenis buah yang baik biasanya yang mengandung banyak vitamin C. Sementara untuk sayuran, anda bisa pilih sayuran yang juga mengandung zat besi untuk menambah kekuatan pada tubuh.

  1. Berteduh di Tempat yang Tidak Terkena Sinar Matahari Langsung

Salah satu cara untuk melindungi kulit anda dari terkena sinar matahari langsung adalah dengan berteduh. Hal ini bisa jadi solusi terbaik apabila sebagian besar aktivitas anda berada di luar ruangan. Anda bisa berteduh dimanapun, misalnya di bawah pohon yang rindang, dibawah atap bangunan, dan lain sebagainya.

Jika tak memungkinkan untuk berteduh di satu tempat dalam waktu yang lama, anda bisa membawa payung ataupun topi untuk melindungi diri anda. Walaupun sebenarnya membawa payung di siang bolong cukup membuat ribet saat beraktivitas.

  1. Mengurangi Aktivitas Luar Ruangan

Sudah menjadi hal yang wajar jika melakukan aktivitas luar ruangan yang berhubungan langsung dengan sinar matahari akan membuat kulit menjadi kusam. Apabila aktivitas outdoor yang anda lakukan bisa dikendalikan, sebaiknya anda bisa menguranginya. Contohnya saat anda sering main di bawah terik, maka kali ini anda perlu menghindarinya.

Demikian pembahasan mengenai cara melindungi kulit dari sinar matahari agar kulit tidak menghitam. Sinar matahari jika terus menerus terkena kulit bisa memberikan efek kusam hingga menimbulkan berbagai penyakit fatal. Dari beberapa cara diatas, anda bisa lakukan satu atau seluruh treatment secara rutin untuk memberikan proteksi yang baik bagi kulit anda.