Cara Mudah Cek Mutasi di ATM dan Mobile Banking

Bagi yang baru mengenal perbankan, mungkin ada banyak istilah yang belum Anda kenal. Selain banyak istilah, mengakses layanan perbankan terkadang juga membingungkan. Salah satunya pengecekan lonjakan di ATM atau Anjungan Tunai Mandiri, serta melalui mobile banking.

Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa mengakses layanan perbankan hanya untuk menyimpan dan mengambil uang. Apalagi, setiap bank di Indonesia menawarkan berbagai layanan keuangan. Di antara istilah perbankan, metode pemeriksaan mutasi rekening bank sangat penting.

Transfer rekening bank adalah catatan atau riwayat transaksi yang terjadi pada rekening, yang dapat berupa dana masuk atau keluar. Jadi ketika Anda melakukan transaksi penarikan uang dari rekening tabungan, maka secara otomatis akan terjadi lonjakan debit di rekening tersebut, yang berarti saldo tabungan Anda akan berkurang. Sebaliknya, jika Anda menyimpan dan/atau menerima kiriman uang yang masuk ke rekening Anda, maka akan terjadi credit boom yang artinya saldo tabungan Anda akan bertambah.

Dengan begitu, cara cek lonjakan di ATM menjadi salah satu metode akses perbankan yang Anda butuhkan. Melakukan perpindahan rekening berarti Anda dapat mengetahui sumber uang yang masuk ke rekening Anda, serta tujuan penggunaan uang tabungan Anda. Berikut rangkuman beberapa fungsi mutasi rekening bank:

  1. Sebagai sarana pengontrolan seluruh transaksi yang dilakukan selama periode tertentu, baik dana yang masuk maupun yang keluar. Semua aktivitas tersebut didapat dari booming rekening bank dalam bentuk laporan digital atau cetak.
  2. Bagi pebisnis, booming rekening bank akan sangat bermanfaat untuk kelancaran bisnis karena Anda akan menerima pembayaran melalui transaksi bank.

Melihat kedua poin tersebut, Anda mulai berpikir untuk mencoba mencari tahu aktivitas apa saja yang dilakukan dengan akun Anda beberapa waktu lalu, bukan? Tapi saya masih bingung atau tidak tahu bagaimana cara mengecek lonjakan di ATM dan sejumlah platform lainnya.

Saat ini, metode pengecekan mutasi dapat dilakukan di ATM dan sejumlah platform rekening bank dengan beberapa cara, seperti dilansir Moota.com, antara lain:

1. Mobile Banking

Cara termudah adalah Anda dapat menggunakan aplikasi mobile banking bank dari akun Anda dengan mengunduhnya di Playstore untuk pengguna Android, App Store untuk pengguna iPhone, atau BBworld untuk pengguna Blackberry atau Windows Phone.

Untuk mempelajari cara login ke aplikasi mobile banking dan memilih menu ganti rekening bank, Anda dapat menggunakannya melalui ponsel Anda kapan saja. Namun untuk beberapa bank akan terjadi pemotongan pulsa saat menggunakan layanan ini karena informasi lonjakan akan dikirimkan melalui SMS.

2. Internet Banking

Cara cek lonjakan rekening bank melalui internet banking hampir sama dengan mobile banking yaitu dengan login dan memilih menu ubah rekening. Berbeda dengan menggunakan mobile banking, dengan online banking ini Anda hanya perlu menggunakan koneksi internet dan tidak akan memotong saldo Anda.

Anda dapat menggunakan Internet Banking melalui smartphone dengan Mobile Banking terinstal. Atau Anda juga dapat mengaksesnya melalui browser di ponsel atau komputer Anda.

3. Teller bank

Anda dapat langsung ke kantor cabang bank dari rekening Anda dengan membawa buku rekening dan KTP. Setelah mengantri di teller, silakan bilang mau cetak buku tabungan atau transfer rekening bank. Tunggu hingga proses selesai dan semua transaksi yang dilakukan akan ditulis ke buku besar.

4. Mesin ATM

Jika Anda ingin memeriksa lonjakan rekening bank melalui ATM, caranya mudah. Cukup pergi ke ATM terdekat dengan kartu ATM dan masukkan kartu ATM Anda seperti biasa. Kemudian pilih menu ganti akun dan tunggu proses mengeluarkan struk yang berisi transaksi terakhir.

Pada kwitansi, Anda akan melihat kode D (debit) yang merupakan uang masuk dan kode K (kredit) yang merupakan uang keluar. Jika sudah selesai silahkan keluar dan jangan lupa untuk mengambil kartu ATM anda.

Namun, lonjakan rekening bank ATM hanya dapat diperiksa untuk lima transaksi terakhir, sehingga Anda tidak bisa mendapatkan data lagi.

5. SMS Banking

Anda juga dapat memeriksa lonjakan rekening bank hanya melalui SMS. Setiap bank memiliki metode dan kode akses yang berbeda, tetapi Anda dapat memeriksa lonjakan rekening bank kapan saja dan di mana saja.

Meskipun sederhana, pengecekan mutasi SMS memiliki beberapa kelemahan, seperti di beberapa bank, hanya dapat menampilkan lima transaksi terakhir. Anda juga akan dikenakan biaya kredit yang bisa berbeda untuk setiap bank.

Namun, dalam proses pengumpulan data mutasi rekening bank melalui cara-cara di atas, ada batasan jangka waktu tertentu. Seolah-olah Anda memeriksa lonjakan melalui ATM dan SMS, Anda hanya dapat mengetahui lima transaksi terakhir. Untuk mengecek lonjakan melalui mobile banking dan internet banking, proses pendataan hanya memakan waktu hingga tiga hingga enam bulan tergantung kebijakan bank.