Contoh Menu Ibu Hamil Trisemester

Contoh Menu Ibu Hamil Trisemester

Para ibu hamil yang mengandung dalam waktu 9 bulan perlu asupan nutrisi yang cukup. Jenis makanan serta minuman yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil harus mengandung gizi yang baik. Perkembangan janin kandungan terbagi menjadi beberapa tahapan dalam waktu per trisemester. Maka dari itu, perlu anda ketahui berbagai contoh menu ibu hamil trisemester.

Mengapa ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang bergizi? Alasannya agar bayi mendapatkan nutrisi serta bisa berkembang dengan baik. Tak hanya untuk bayi saja, nutrisi serta gizi yang diperoleh dari makanan-makanan alami juga sangat baik untuk kesehatan ibu hamil yang akan bertahan dalam kehamilannya selama 9 bulan.

Lalu bagaimana jika seorang ibu hamil kurang asupan gizi? Tentu saja, ibu hamil yang kekurangan gizi akan berdampak pada calon bayi. Dimana bayi kemungkinan mengalami kerusakan pada organ-organ vitalnya. Bahkan yang paling fatal adalah lahir dengan kondisi yang cacat. Maka dari itu, perlu bagi ibu hamil untuk selalu mengonsumsi makanan bernutrisi.

Contoh Menu Ibu Hamil Trisemester

Makanan yang memiliki kandungan nutrisi baik sebenarnya mudah ditemukan pada makanan dibuat dari bahan-bahan alami. Contohnya adalah nutrisi nabati dan hewani. Karena masing-masing menu memiliki takaran kandungan nutrisi yang berbeda-beda, maka perlu diklasifikasikan pada contoh menu ibu hamil trisemester seperti pembahasan berikut ini.

  1. Contoh Menu Makanan Ibu Hamil Trisemester 1

Pada awal trisemester pertama, janin dalam keadaan tumbuh dan berkembang jadi perlu mendapat asupan gizi yang cukup. Agar janin bisa tetap sehat, maka anda perlu mengkonsumsi sayuran hijau, biji-bijian serta buah-buahan yang kaya vitamin C. Nutrisi tersebut akan disalurkan melalui plasenta di dalam rahimnya. Berikut jenis-jenis menu ibu hamil trisemester 1 :

  1. Sayur-Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, sayuran hijau juga menjadi sumber produksi asam folat yang juga diperlukan bagi perkembangan janin. Untuk takaran asam folat yang dibutuhkan setiap harinya adalah 400 mcg. Contoh jenis sayuran hijau adalah bayam, sawi, brokoli dan jenis sayur-sayuran hijau lainnya.

  1. Kandungan Kolin

Bagi ibu hamil yang memasuki trisemester 1 yang masih dalam perkembangan janin, dibutuhkan asupan kolin. Kolin sendiri berguna untuk meningkatkan fungsi otak dan sistem syaraf baik untuk ibu hamil maupun untuk bayi. Kandungan kolin ini sendiri dapat diperoleh dari menu makanan daging, ikan salmon, kacang kenari, serta telur.

  1. Biji-Bijian

Ibu hamil pada trisemester 1 sangat disarankan untuk mengkonsumsi biji-bijian utuh. Biji-bijian menjadi salah satu contoh menu ibu hamil trisemester 1 ini memiliki kandungan serat untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap lancar. Beberapa jenis makanan yang mengandung biji-bijian adalah gandum, roti, sereal, oatmeal, dan pasta.

  1. Buah-Buahan Kaya Vitamin C

Vitamin C sebenarnya tak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil saja, tetapi semua orang. vitamin C berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun bagi ibu hamil, mengkonsumsi sumber vitamin C membantu meredakan morning sickness atau mual-mual di awal kehamilan.

Dalam kondisi tersebut sebenarnya tergantung pada keadaan lambung ibu hamil. Agar morning sickness bisa diminimalisir, anda bisa konsumsi berbagai jenis buah yang kaya vitamin C. Hindari mengkonsumsi jus buah dalam kemasan karena nutrisinya jelas akan berkurang.

  1. Contoh Menu Makanan Ibu Hamil Trisemester 2

Ibu hamil yang sudah memasuki masa kehamilan trisemester 2 akan mengalami penambahan berat badan karena perkembangan bayi. Tak jauh berbeda dengan ibu hamil trisemester 1, ibu hamil trisemester 2 juga perlu menambah asupan gizinya agar tetap sehat. Adapun contoh menu ibu hamil trisemester 2 adalah sebagai berikut.

  1. Makanan yang Mengandung Zat Besi

Perut ibu hamil yang semakin membesar akan memerlukan tenaga yang besar pula untuk menopang tubuh. Maka dibutuhkan energi zat besi dari makanan-makanan sehat. Makanan yang mengandung zat besi bisa diperoleh dari daging, telur, ikan, roti, gandum, sayuran, dan kacang-kacangan. Takaran zat besi yang diperlukan sekitar 45 mg setiap harinya.

  1. Ikan Mengandung Lemak

Bayi dalam kandungan yang memasuki trisemester 2 hendaknya perlu memperoleh asupan omega-3 dari ikan berlemak. Ikan yang mengandung lemak akan memberikan nutrisi berupa asam eikosapentanoat dan dokosaheksanoat yang baik untuk perkembangan otak, saraf dan penglihatan bayi. Sementara omega-3 baik untuk mengurangi risiko bayi lahir prematur.

  1. Camilan Coklat Hitam

Sudah diakui banyak orang, mengkonsumsi coklat mampu mengembalikan mood agar lebih baik. Hal ini karena coklat memiliki kandungan baik berupa flavonoid sebagai antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Coklat identik dengan keceriaan sehingga ibu hamil juga perlu mengkonsumsi coklat hitam untuk menciptakan hidup yang sehat dan ceria.

  1. Contoh Menu Makanan Ibu Hamil Trisemester 3

Setelah memasuki kehamilan pada trisemester 3, kandungan yang semakin membesar akan membuat ibu hamil semakin mudah lelah dan sulit tidur. Karenanya, ibu hamil perlu memperbaiki pola makan, terutama menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein atau coklat. Berikut ini adalah contoh menu makanan ibu hamil trisemester 3.

  1. Buah Alpukat

Buah alpukat menjadi salah satu jenis buah yang kaya nutrisi. Alpukat sangat baik untuk dikonsumsi baik pada trisemester 1, 2 ataupun 3. Kandungan folat, kalium serta zat besinya sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan bayinya. Apalagi buah alpukat sendiri juga baik untuk meningkatkan produksi ASI menjelang persalinan nantinya.

  1. Protein dari Telur, Daging Bebas Lemak, dan Ikan

Ibu hamil pada trisemester 3 memerlukan asupan protein dari berbagai sumber makanan. Beberapa diantaranya adalah dari telur ayam, daging low fat dan ikan. Selain dari hewani, protein bisa diperoleh dari nabati diantaranya dari kacang-kacangan hingga tahu tempe. Protein sangat baik bagi perkembangan bayi dalam rahim karena gizinya sangat tinggi.

  1. Susu Low Fat

Sebenarnya mengkonsumsi susu sangat diperlukan bagi ibu hamil. Namun untuk jenis susunya, disarankan memilih susu low fat atau yang rendah lemaknya. Susu low fat bisa diperoleh dari susu UHT, yoghurt serta keju. Susu low fat berguna untuk memberikan asupan kalsium agar ibu hamil tetap kuat menjelang persiapan persalinannya.

  1. Ubi-Ubian

Ubi-ubian memiliki kandungan serat dan karbohidrat yang baik bagi tubuh. Salah satunya pada ubi jalar yang juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, kandungan serat pada ubi jalar baik untuk memperbaiki sistem pencernaan anda agar tidak sembelit. Ibu hamil diperbolehkan makan ubi jalar baik untuk sarapan maupun camilan.

Itulah beberapa contoh menu ibu hamil trisemester yang direkomendasikan. Ibu hamil tentunya membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang baik bagi diri si ibu hamil beserta bayinya. Sangat disarankan jika ibu hamil mengkonsumsi makanan dan minuman dari bahan-bahan alami. Hindari makanan dan minuman yang mengandung soda, kafein, hingga alkohol.