DeFi Crypto adalah Teknologi yang Bermanfaat, Gebrakan Baru Dibidang Keuangan

DeFi Crypto adalah Teknologi yang Bermanfaat, Gebrakan Baru Dibidang Keuangan

DeFi adalah singkatan dari Decentralized Finance. Ini istilah keuangan yang belum lama ada tetapi pengaruhnya terus membesar. DeFi dibuat dengan tujuan meniadakan ketergantungan masyarakat umum pada badan perantara keuangan seperti bank, pialang dan bursa. Ada juga Defi khusus kripto. DeFi Crypto adalah teknologi yang sangat berguna.

Pengertian DeFi Crypto

Selama ini kegiatan keuangan seperti menabung, meminjam, asuransi, membeli saham diatur sistem yang terpusat. Pelaku transaksi diharuskan memiliki rekening untuk bertransaksi. Masih banyak yang tak punya rekening bank dan akses terhadap layanan keuangan yang bisa membantu pertumbuhan ekonominya.

Dengan DeFi Crypto orang bisa transfer kripto ke mana saja tanpa rekening bank. Ini beberapa pengertian DeFi Crypto:

1. Teknologi Blockchain

DeFi Crypto adalah suatu teknologi blockchain atas mata uang crypto yang meniadakan adanya perantara saat melakukan transaksi. Tanpa adanya perantara seperti bank dan pialang akan membuat kegiatan transaksi lebih cepat, tidak mahal karena tidak membayar perantara, lebih aman serta efisien. Seperti diketahui selama ini tiap layanan keuangan dikelola sistem yang terpusat.

2. Sistem Keuangan Terdesentralisasi

Kebalikan dari bank, DeFi Kripto bisa didefinisikan sebagai sistem keuangan yang terdesentralisasi, yang memungkinkan pembeli, peminjam serta pemberi pinjaman saling berinteraksi satu sama lain tanpa keberadaan perantara seperti pialang, bank dan institusi lain. DeFi Kripto bahkan dibangun berdasar Ethereum yaitu platform kripto nomor dua terbesar di dunia.

3. Suatu Protokol Staking

Staking (poS) dari DeFi Crypto adalah protokol staking yang dipakai di blockchain guna menyediakan likuiditas yang dipakai untuk memvalidasi transaksi melalui konsensus PoS. Dengan DeFi Kripto, pemakai bisa melakukan kegiatan pinjam meminjam.

Dengan beberapa masalah yang masih ada seperti faktor keamanan, pemakai aset kripto bisa mendapat pinjaman kripto di platform dengan jangka waktu yang digunakan oleh platform itu untuk layanan pinjaman.

Manfaat DeFi Crypto

Dengan sifatnya yang transparan dan dapat diakses semua orang. Tiap pemakai bisa melakukan kontrol penuh pada asetnya dan saling berinteraksi melalui teknologi dan apk terdesentralisasi. Pemakai DeFi akhirnya didasarkan atas kebebasan. Ekosistem sistem mendemonstrasikan bursa kripto ini mempertahankan anonimitas dan kepercayaan.

1. Menurunkan Biaya untuk Pihak Ketiga

Dengan semakin banyak orang yang merasakan lebih nyaman bila menaruh uang mereka di dompet elektronik dan pertukaran kripto yang tidak pernah akan dibekukan pemerintah, DeFi Kripto boleh didefinisikan sebagai pengganti bank. De Fi punya keunggulan lebih aman dari serangan siber dibandingkan dengan bank.

Selain itu biaya bank jauh lebih tinggi dibanding DeFi yang hanya mengenakan biaya rendah tetapi bisa memberi persentase penghasilan tahunan yang tinggi. Ahli keuangan mengatakan DeFi bisa mengancam sektor keuangan lebih dari Bitcoin dengan cara kerja smart contract.

2. Sebagai Alat untuk Memanajemeni Aset

Boleh juga orang mengatakan DeFi Crypto adalah suatu alat untuk memanajemeni aset. Salah satu jenis DeFi ialah Yearn Finance, yaitu apk dengan basis blockchain ethereum yang bisa menghasilkan tingkat pembelian atau bunga dari kekayaan kripto yang diinvestasikan oleh pemakainya.

Demikian pengertian sederhana dan manfaat untuk menjelaskan apa itu DeFi Crypto. Bisa dikatakan DeFi Crypto adalah apk keuangan dengan basis blockchain, suatu sistem keuangan terdesentralisasi yang berlawanan dengan bank, suatu protokol staking dengan manfaat menurunkan biaya dan alat untuk memanajemeni aset kripto.

Bila selama ini layanan keuangan tergantung pada bank sebagai perantara, DeFi Crypto memotong peran ini dengan kode yang tertulis di smart contract. Semakin banyak digunakan DeFi Crypto maka transaksi keuangan di kemudian hari akan semakin efisien.