Final Piala Asia AFF 2020: Generasi Emas Timnas Indonesia Ala Shin Tae-young

Final Piala Asia AFF 2020: Generasi Emas Timnas Indonesia Ala Shin Tae-young

Final Piala Asia AFF 2020: Generasi Emas Timnas Indonesia Ala Shin Tae-young – Final Piala Asia AFF 2020 antara Indonesia dan Thailand yang akan digelar dengan sistem kandang dan tandang semakin dekat.

Berdasarkan jadwal final Piala Asia AFF 2020, pertandingan leg pertama antara Indonesia dan Thailand akan berlangsung di Stadion Nasional Singapura pada Rabu (29/12/2021) pukul 19.30 WIB.

Bagi Timnas Indonesia, ini akan menjadi laga final keenam dalam sejarah keikutsertaannya di Piala AFF. Tim Garuda selalu kalah dalam lima kesempatan sebelumnya, berlaga di final, tepatnya di tahun 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016. Dengan demikian, tim Garuda belum pernah mencicipi gelar Piala AFF atau Kejuaraan Internasional Asia Tenggara.

Final Piala Asia AFF 2020: Generasi Emas Timnas Indonesia Ala Shin Tae-young

Sebaliknya, Thailand yang akan menjadi lawan Indonesia di final 2020, sudah lima kali menjuarai Piala AFF. Tim berjuluk Gajah Perang itu menjuarai edisi 1996, 2000, 2002, 2014 dan 2016. Dari lima gelar yang dikumpulkan, tiga diraih setelah mengalahkan Indonesia di final, yakni pada edisi 2000, 2002 dan 2016.

Sejak awal melatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-young telah membuat kejutan bagi penggemar sepak bola Indonesia.

Kali ini, Shin Tae-yong datang dengan terobosan baru, yang sangat mengandalkan pemain muda di level pertama.

Mantan pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini lebih memilih mendatangkan banyak pemain muda meski turnamen yang akan menyusul akan di level senior.

Rekor tersebut tentu saja menjadi sesuatu yang baru di timnas Indonesia karena selama ini tim Garuda selalu diisi oleh pemain berpengalaman.

Dalam kisah pelatih sebelum Shin Tae Young, tim nasional pertama selalu dipercayakan kepada pemain yang berusia di atas 25 tahun.

Hal ini berlaku sejak dahulu kala hingga musim latihan terakhir timnas sebelum Shin Tae Young, yakni Simon McMenemy.

Umur Rata-Rata Pemain Timnas Indonesia

Indonesia dihuni oleh tim yang didominasi pemain muda. Ada 3 pemain muda, Elkann Baggott, Ernando Ari Sutaryadi dan Ramai Rumakiek.

Pemain tertua adalah Victor Igbonefo, yang berusia 36 tahun. Bek Persib itu pun belum pernah bermain di skuat Indonesia saat ini.

Rata-rata usia pemain timnas Indonesia adalah 23 tahun. Bagaimana dengan Thailand?

Umur Rata-Rata Pemain Timnas Thailand

Sementara itu, Thailand menjadi tuan rumah bagi beberapa pemain top yang bermain di Final Piala AFF sebelumnya. Thailand memiliki pemain termuda, Jonathan Khemdee yang berusia 19 tahun.

Sedangkan pemain tertua adalah penjaga gawang cadangan, Siwarak Tedsungnoen. Pemain kelahiran 20 April 1984 ini berusia 37 tahun.

Usia rata-rata pemain Thailand adalah 27 tahun. Jadi pertandingan Indonesia-Thailand seperti junior melawan senior.