Inilah 5 Macam Macam Crypto Yang Perlu Dicoba

Inilah 5 Macam Macam Crypto Yang Perlu Dicoba

Crypto adalah mata uang digital yang menarik di kalangan masyarakat dunia termasuk Indonesia pada saat kehadirannya. Antusias masyarakat untuk bisa mengoleksi crypto pada awalnya sangat kecil. Akan tetapi saat ini sudah mulai meningkat, hal itu bisa dilihat dari semakin banyak permintaan investasi dari aset crypto. Ada beberapa macam macam crypto yang bisa dikoleksi.

Uang crypto juga memiliki pro dan kontra. Berikut beberapa macam crypto yang perlu diketahui:

1. Bitcoin

Bitcoin sudah diciptakan sejak tahun 2009, bitcoin biasanya dipakai dalam transaksi yang terjadi di internet dengan tidak memakai perantara. Atau dengan kata lain tidak memakai jasa bank dan memakai sistem peer to peer. Namun, sistem kerjanya tidak menggunakan penyimpanan atau bisa dibilang memakai administrasi tunggal.

Bitcoin dianggap sebagai mata uang terdesentralisasi oleh departemen keuangan Amerika Serikat. Pemula tidak harus memahami teknisnya jika ingin memakai bitcoin. Yang harus dilakukan pertama yaitu menginstall wallet bitcoin di ponsel atau PC dan secara otomatis dapat membuat alamat bitcoin untuk pertama kalinya.

Tidak hanya sekali pengguna juga bisa membuat banyak alamat kapan saja. Alamat tersebut nantinya bisa dibagikan kepada rekan-rekan untuk bertransaksi.

2. Litecoin

Telah diluncurkan sejak tahun 2011, Litecoin merupakan salah satu uang crypto pertama yang mengikuti bitcoin. Litecoin disebut sebagai peraknya emas bitcoin. Uang digital ini adalah modifikasi dari kode yang crypto terdahulu yang mempunyai kode LTC. Dengan modifikasi tersebut, transaksi Litecoin menjadi lebih cepat daripada bitcoin.

Dalam satu transaksi Litecoin memerlukan waktu sekitar 2.5 menit, sedangkan pada Bitcoin waktu yang dibutuhkan untuk sekali transaksi yaitu 10 menit. Biaya yang dikeluarkan pada Litecoin juga murah dan terjangkau. Litecoin sangat cocok digunakan oleh penambang mata uang crypto yang berskala kecil.

Cara bertransaksi di litecoin yakni dengan mendaftar di broker crypto dan deposit dana sesuai dengan yang dimiliki. Setelah itu pengguna bisa mulai pembelian LTC di aplikasi ataupun satunya.

3. DogeCoin

Macam macam crypto selanjutnya yaitu Dogecoin atau DOGE. Uang crypto yang satu ini menjadi salah satu uang digital yang sedang populer dan bisa bersaing dengan uang digital dengan nama besar di pasar crypto. Popularitas Dogecoin meledak dan menghasilkan 5000% perhatian di tahun 2021.

Penyebab meledaknya mata uang crypto ini karenT CEO tesla Elon Musk mengatakan bahwa Dogecoin merupakan mata uang crypto favoritnya. Dogecoin sama dengan bitcoin yaitu sama-sama memakai teknologi blockchain sebagai penjaga agar transaksi tetap aman.

Pembelian dogecoin dapat melalui Cryptocurrency, semacam kraken dan binance. Seperti uang crypto yang lainnya setelah dibeli dogecoin bisa langsung dipindahkan ke dompet crypto.

4. Polkadot

Polkadot atau DOT merupakan koin crypto yang mempunyai basis blockchain yang dapat menghubungkan beberapa jaringan. Uang crypto ini adalah bukti kepemilikan yang unik yang diberikan untuk memberi interoperabilitas diantara blockchain yang lain. Artinya, pengembang mungkin dapat membuat blockchain sendiri dan bisa juga menggunakan keamanan yang sudah ada di rantai polkadot.

Polkadot atau DOT memakai sharding, yaitu Teknik dimana tak semua node harus memverifikasi semua transaksi. Pembelian uang crypto polkadot juga dapat dilakukan di bursa seperti uang crypto lainnya. Dalam melakukan pembelian pengguna harus membuat akun terlebih dahulu.

Di bulan januari 2021, uang crypto ini mempunyai kapasitas pasar sebesar 11.2 milyar dolar Amerika Serikat. Satu koin DOT diperjual belikan dengan harga 12.54 dolar Amerika Serikat.

5. Ripple

Pengguna Bitcoin yang mulai gelisah rupanya didengar oleh pengembang uang crypto Ripple. Kegelisahan itu yakni kendala dalam penukaran uang lokal.oleh sebab itu Ripple menawarkan proses penukaran uang lokal yang mudah. Ripple mempunyai fasilitas penukaran XRP dengan bermacam-macam mata uang di seluruh dunia termasuk Bitcoin.

Hal tersebut juga menjadi kelebihan yang ada di Ripple karena sudah terintegrasi dengan perbankan dunia. bahkan, sekarang ini sudah menjadi landasan revolusi remittance atau bisa dibilang pengiriman uang berbagai negara.kekurangan Ripple yaitu adanya kelumpuhan pada akses pengguna kepada dana yang akan ditransfer.

Itulah 5 macam macam crypto yang perlu dicoba oleh peminat mata uang digital. Pemula yang ingin memulai bisnis Cryptocurrency, perlu banyak mengetahui proses serta pengetahuan tentang uang crypto itu sendiri. Tujuannya agar dapat mencapai target yang sesuai dengan keinginan.