inilah Game di Laptop Jaman Dulu, Simple Namun Abadi

inilah Game di Laptop Jaman Dulu, Simple Namun Abadi

Pada saat belum adanya smartphone seperti sekarang, game di laptop jaman dulu adalah bintangnya. Tampilannya sudah lumayan bagus tapi tentu tidak secanggih game smartphone saat ini. Hebatnya, game sederhana tersebut ternyata masih bertahan hingga kini, walaupun sudah ada versi smartphone yang lebih keren. Simak pembahasannya berikut ini:

1. Feeding Frenzy by PopCap Games

Game ini sangat terkenal di masanya, dipopulerkan sejak tahun 2004. Di dalam game ini pemain akan menjadi ikan kelaparan dan harus memakan ikan lain agar tubuhnya membesar dan bisa naik level. Cuma di game ini ikan kecil bisa memangsa ikan hiu saat berada di level 3.

Feeding Frenzy membutuh kewaspadaan pemainnya untuk menghindari tebaran ranjau berbahaya atau predator besar yang terkena radiasi dan juga ubur-ubur yang suka menyengat. Sambil melatih kelincahan menghindari bahaya, pemain juga harus banyak memangsa ikan lain agar bisa membesarkan tubuh dan lolos naik level.

2. Diner Dash by Gamelab

Game ini juga diluncurkan tahun 2004 untuk versi PC kemudian diluncurkan untuk Nintendo tahun 2007. Dalam game ini pemain berperan sebagai Flo, pemilik restoran yang juga ikut melayani pelanggan. Karena mengerjakan sendiri, Flo jadi super sibuk. Pemain harus bisa bergerak cepat untuk membereskan semuanya.

Pemain sebagai Flo harus mengarahkan pelanggan ke meja kosong, mengantarkan makanan lalu membereskan meja. Terkadang ada pelanggan yang tidak sabar dan mudah marah. Karena itu harus dilayani dengan gesit. Jika tidak, penilaian restoran Flo akan menurun.

3. Stronghold: Crusader by Firefly Studio

Game di laptop jaman dulu ini membuat orang betah memainkannya karena harus memikirkan strategi. Diluncurkan tahun 2002, latar belakangnya dibuat berada di masa Crusader di Timur Tengah. Pemain diharuskan mampu memikirkan strategi untuk kemajuan ekonomi dan populasi manusia di daerah miliknya. Juga membuat strategi pengamanan bahkan perang.

Tokohnya memiliki nama terkenal seperti Saladin, Richard the Lion Heart dan banyak lagi. Jika dimainkan sendiri, pemain akan melawan komputer melawan musuh yang sama seperti The Rat, The Wolf dan lainnya. Setiap tokoh memiliki karakternya sendiri dan bisa berkomunikasi dengan pemain untuk meminta bantuan tambahan prajurit atau bahan makanan.

4. Counter-Strike by Valve

Game di laptop jaman dulu ini diluncurkan tahun 1999 dan terus berkembang dengan misi berbeda hingga kini. Pemain berperan sebagai salah satu penembak dalam tim Counter Terrorist dengan misi mengamankan suatu lokasi dari serangan Terrorist. Pemain harus bisa memasang atau menjinakkan bom, mengoperasikan aneka senjata untuk menembak dan keahlian lainnya.

Selain pengamanan, pemain juga harus bisa membebaskan sandera hingga selamat. Setiap satu misi selesai, pemain akan mendapatkan reward berdasarkan kinerjanya dalam misi misalnya membunuh teroris. Bentuk reward adalah uang-game yang bisa digunakan untuk meningkatkan mutu senjata untuk dipakai di level berikutnya. Jangan sampai tidak sengaja menembak teman karena akan terkena penalti.

5. The Sims by Maxis

Diluncurkan pada tahun 2000, game di laptop jaman dulu ini sangat digemari karena bisa mengembangkan sendiri wilayahnya. Pemain bisa membangun aneka rumah dan fasilitas, mengisinya dengan penghuni dan melakukan aktivitas sehari-hari layaknya manusia biasa. “Orang-orang” ini disebut Sims.

Pemain harus bisa menjaga mood para penghuninya, memenuhi keinginan mereka dan membuat perluasan daerah agar bisa semakin mapan. Nantinya penghuni bisa berteman, berlibur bersama, membuat pesta di rumah bahkan berkencan. Penghuni juga bisa berbelanja untuk mengisi rumah atau aneka kegiatan lainnya layaknya kehidupan rutin sehari-hari.

Semua game di laptop jaman dulu ini bahkan masih dimainkan dan makin berkembang saat ini. Khususnya game jenis strategi seperti Stronghold atau Counter-Strike yang terus dikembangkan dengan tampilan 3D, misi yang makin seru, tingkat kesulitan yang makin tinggi dan bisa digunakan di aneka perangkat termasuk Xbox.