Jokowi Akan Berkunjung Ke Ukraina-Rusia, Ini Tanggapan Menlu

Jokowi Akan Berkunjung Ke Ukraina-Rusia, Ini Tanggapan Menlu

Jokowi Akan Berkunjung Ke Ukraina-Rusia, Ini Tanggapan Menlu – Perselisihan antar Ukraina dan Rusia masih berlangsung. Banyak dampak yang dirasakan di negara, baik negara berkembang maupun berpendapan rendah.

Hal tersebut menjadikan Presiden Indonesia, Joko Widodo mengambil Langkah untuk merencanakan kunjungannya ke Ukraina dan Rusia. Langkah kunjungan yang dilakukan Jokowi merupakan kontribusinya dan memberikan dorongan perdamaian antar kedua negara.

‘’Presiden Jokowi direncakan akan mengunjungi Kiev, Ukraina dan Moskow, Rusia. Kunjungan ke dua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal. Kita paham situasi saat ini masih sangat complicated,’’ ujar Retno pada Rabu (22/06/2022).

Dalam kunjungannya, Jokowi akan melakukana pertemuan langsung dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Kunjungan akan dolaksanakan setelah menghadiri KTT G7 di Jerman pada 26-27 Juni.

Kunjungan Jokowi, Kata Retno merupakan rasa kepeduliannya terhadap isu kemanusiaan. Hal ini tentunya menjadi dasar Indonesia merupakan negara yang mendorong spirit perdamaian.

Telah diketahui bahwa konflik yang terjadi diantara keduanya membawa sejumlah permasalahnm bagi negara, dimulai dari Krisi energi hingga pangan yang menyebabkan lemahnya perekonomian di beberapa negara.

‘’Mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan yang diakibatkan karena perang dan dampaknya dirasakan oleh semua negata terutama negara berkembang dan berpendapatan rendah’’ Tutur Retno.

Setelah melakukan kunjungan ke Ukraina dan Rusia, Jokowi akan berlanjut berkunjung ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) untuk menindaklanjuti kerja sama pada bidang ekonomi.