Kabar Timnas Indonesia, Shayne Pattynama, Jordi Amat dan Sandy Walsh Akan Tiba Di Jakarta

Kabar Timnas Indonesia, Shayne Pattynama, Jordi Amat dan Sandy Walsh Akan Tiba Di Jakarta

Tiga pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama, gagal membela timnas di kualifikasi Piala Asia AFC 2023.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani menjelaskan, pintu pendaftaran pemain untuk mengikuti kualifikasi Piala Asia 2023 telah ditutup.

Hasani mengatakan ketiga pemain tersebut tidak bisa mendaftar karena memiliki paspor.

“Bahkan pendaftaran sudah ditutup, yang saya kejar kemarin adalah lolos, tapi usaha dan doa kami tidak terkabul,” kata Hasani di Bandung, Senin (30/5/2022).

Kabar Timnas Indonesia, Shayne Pattynama, Jordi Amat dan Sandy Walsh Akan Tiba Di Jakarta

“Saya meminta pelatih untuk mendaftarkannya, tetapi dia mengatakan bahwa itu tidak dapat didaftarkan tanpa paspor. Kami akan membutuhkan paspor untuk menginformasikan kepada FIFA tentang hal ini untuk pertukaran konfederasi,” katanya.

Bahkan, Jordi Amat dan Sandy Walsh mengikuti serangkaian naturalisasi.

Keduanya bahkan sudah mengikuti Training Camp (TC) bersama timnas dalam persiapan laga melawan Bangladesh yang dijadwalkan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Rabu (1/6/2022).

Sementara itu, Shayne Pattynama dijadwalkan tiba di Indonesia hari ini. Namun Hasani menegaskan bahwa proses naturalisasi masih berlangsung.

“Saya dengar mulai hari ini dari Kementerian Hukum dan HAM, prosesnya akan masuk ke Sekretariat Negara,” kata penanggung jawab proyek naturalisasi ini.

Debut profesional Pattynama dilakukan pada 21 Agustus 2017 dengan klub yang saat ini membela Bagus Kahfi, Jong Utrecht, di divisi dua Belanda.

Setelah itu ia menandatangani kontrak dengan klub lapis kedua di Belanda, Telstar.

Di klub ini, Pattynama mencetak 48 pertandingan, mencetak 5 gol dan 5 assist di musim 2019-2021.

Syane Pattynama kemudian pindah ke klub Liga Premier Norwegia FC Viking Stavanger pada 16 Maret 2021 sejauh ini.

Biodata Pattynama

  • Nama lengkap: Shayne Elian Jay Pattynama
  • Tanggal lahir: 11 Agustus 1998
  • Tempat Lahir: Lelystad, Belanda
  • Tinggi: 180 cm
  • Posisi: Bek Kiri

Sekadar informasi, Timnas Indonesia saat ini tengah bersiap menghadapi Bangladesh pada putaran pertama Juni mendatang. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-young, telah berlatih di Stadion Sidoling, Bandung, sejak Jumat (27 Mei 2022).

Sebanyak 29 pemain dipanggil oleh pelatih asal Korsel itu. Kali ini sepertinya Skuad Garuda akan dibekali pemain luar termasuk Pratama Arhan.

Diketahui, beberapa pemain masih berhalangan hadir. Baru-baru ini, Witan Sulaiman dan Ricky Kambuaya melangsungkan pernikahan.