Kartu XL Mengalami Gangguan; Ini Cara Mengatasi Sinyal XL Lemot Cepat dan Mudah

Kartu XL Mengalami Gangguan; Ini Cara Mengatasi Sinyal XL Lemot Cepat dan Mudah

Kartu SIM merupakan kartu yang diletakkan pada telepon genggam yang menyimpan suatu kontak. Provider atau operator seluler di Indonesia semakin hari semakin banyak, salah satunya XL, yakni sebuah provider yang beroperasi tahun 1996. Walaupun XL sudah lama berdiri, kartu ini acap kali mengalami gangguan dan sinyal lemot. Tak perlu khawatir, sudah banyak cara mengatasi sinyal XL lemot.

Bila sinyal kartu provider lemot, pengguna sering mengeluh dan kebingungan karena mereka tak dapat melakukan aktivitas yang berhubungan dengan data seluler dengan lancar. Sinyal yang lemot dapat terjadi karena beberapa faktor seperti masalah internal, adanya perbaikan, hingga cuaca. Namun, persoalan ini tentunya dapat ditangani dengan mudah. Berikut beberapa cara mengatasi sinyal XL lemot:

1. Pengaturan APN

Sinyal memang tak jarang mengalami gangguan atau lemot. Cara mengatasi sinyal XL lemot salah satunya dapat dengan melakukan pengaturan ulang pada APN atau Access Point Names pada gawai sesuai dengan kebutuhan.

Hal tersebut dapat membantu agar sinyal cepat dan stabil. Pengaturan APN ini dapat pula digunakan oleh pengguna iOS, Android, ponsel Windows, hingga ponsel BlackBerry. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

  • Pengguna iOS dapat melakukannya dengan membuka menu pengaturan, lalu ‘Cellular Data Network’, kemudian pilih APN.
  • Bila pengguna Android, dapat dilakukan dengan cara membuka menu pengaturan. Setelah itu, pilih ‘Mobile Network’. Lalu, pilihlah APN.
  • Untuk ponsel Windows dapat diperbaiki dengan cara pilih menu pengaturan, lalu pilih ‘Cellular’, kemudian ‘Add APN’.
  • Bila ponsel BlackBerry dapat dilakukan dengan membuka pengaturan, ‘Network Connection’, ‘Mobile Network’, lalu pilih menu ‘APN’.

2. Bersihkan Cache

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi sinyal lemot yakni dengan membersihkan atau menghapus cache. Hal ini merupakan langkah yang paling sederhana. Cache akan berpengaruh ketika gawai mengakses sesuatu dengan menggunakan jaringan, sehingga jaringan akan terasa lambat karena penumpukan sampah internet. Cara ini dapat dilakukan dengan membersihkannya melalui Clean Master atau Play Store.

3. Bersihkan Riwayat Browser

Selain melakukan pembersihan terhadap cache, hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan riwayat pencarian yang dilakukan pada browser. Ketika melakukan sebuah pencarian menggunakan data, gawai akan otomatis mengunduh file yang akan tersimpan pada file manager. Caranya, dengan membuka aplikasi browser pada gawai, kemudian pilih icon titik tiga. Setelah itu, pilih riwayat, kemudian pilih ‘hapus data penjelajah’.

4. Pilih Jaringan Kartu 4G dan Restart

Saat ini, kartu provider termasuk XL sudah memiliki layanan jaringan 4G. Apabila kartu provider masih menggunakan 2G atau 3G, hal itu dapat menjadi penghambat sebuah sinyal. Oleh karena itu, ubahlah kartu dengan layanan khusus 4G. Caranya dapat dilakukan dengan membuka pengaturan, kemudian pilih menu ‘jenis jaringan’, lalu pilih jaringan yang menggunakan 4G. Setelah dipilih, restart ponsel.

5. Hubungi Call Center

Apabila semua cara telah ditempuh tetapi sinyal masih saja lemot, cara terakhir yakni dengan menghubungi layanan call center kartu XL. Hal tersebut dapat diraih melalui aplikasi media sosial seperti Twitter atau Instagram atau melalui call center XL melalui 817. Keluhan dapat dilayangkan melalui call center. Setelah itu, petugas akan membantu pelanggan menyelesaikan persoalan sinyal lemot.

Ternyata sangat mudah bukan cara mengatasi sinyal XL lemot? Jangan panik bila mengalami masalah pada sinyal yang lemot. Pihak XL akan melakukan berbagai cara untuk membantu persoalan tersebut. Bila terjadi masalah, perhatikan berbagai aspek internal dan eksternal. Bila bingung, hubungi saja call center XL. Petugas akan siap melayani 24 jam.