Pendaftaran SNMPTN 2022 Dibuka Hari Ini! Cek Syarat Dan Cara Daftarnya Di Ltmpt.Ac.Id

Pendaftaran SNMPTN 2022 Dibuka Hari Ini! Cek Syarat Dan Cara Daftarnya Di Ltmpt.Ac.Id

Pendaftaran SNMPTN 2022 dibuka hari ini! Cek syarat dan cara daftarnya di ltmpt.ac.id – SNMPTN merupakan jalur pertama yang dapat ditempuh siswa kelas 12 untuk mendaftar sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Pendaftaran SNMPTN resmi dibuka hari ini dan akan berlangsung hingga 28 Februari 2022. Ada beberapa persyaratan bagi peserta untuk dapat mengikuti SNMPTN, antara lain:

  • Sudah memiliki akun di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)
  • Siswa masuk dalam kuota
  • Terdaftar di Portal Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Pendaftaran akun LTMPT untuk siswa dimulai dari tanggal 10 Januari sampai dengan 15 Februari 2022. Dilanjutkan dengan identifikasi siswa yang memenuhi syarat oleh pihak sekolah dari tanggal 4 Januari sampai dengan 8 Februari 2022. Sedangkan pengisian PDSS dimulai dari tanggal 8 Januari sampai dengan 8 Februari 2022.

Pendaftaran SNMPTN 2022 Dibuka Hari Ini! Cek Syarat Dan Cara Daftarnya Di Ltmpt.Ac.Id

Hasil SNMPTN 2022 akan diumumkan pada 29 Maret 2022. Bagi mahasiswa yang tidak diterima dapat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk Masuk PTN.

Direktur SNMPTN 2022 Riza Satria Perdana mengatakan, tahapan pengisian SNMPTN itu terdiri dari pengisian seleksi PTN dan program studi, pengisian portofolio, prestasi dan penyelesaian.

Perlu diketahui bahwa pada tahun 2011 SNMPTN dikembangkan menjadi dua jalur, yaitu pola penerimaan dengan mencari kemampuan dan prestasi akademik tetap menggunakan nama SNMPTN sebagai sistem seleksi nasional dan pola seleksi melalui ujian tertulis yaitu SBMPTN. Pada tahun 2013-2022 ada tiga jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri.

Kemudian merespon perlunya peningkatan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru berupa:

  • Tes yang mampu memprediksi kemampuan calon mahasiswa menyelesaikan kuliah,
  • Tes bakat bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan pada program studi tertentu,
  • Pentingnya lembaga tetap yang menyelenggarakan ujian berstandar nasional, maka penting adanya lembaga yang dapat memfasilitasi pelaksanaan ujian secara berkesinambungan.

Pendirian lembaga perlu dirancang secara cermat yang meliputi analisis situasi global dan nasional, penyusunan roadmap lembaga sesuai dengan fungsinya dan undang-undang yang berlaku, identifikasi sumber daya yang dibutuhkan, dan penyiapan sumber daya yang andal, siap pakai. untuk menggunakan alat pengujian, untuk lembaga kelembagaan yang tepat, kredibel dan proporsional. secara efisien dan efektif.

Lembaga yang bersangkutan adalah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (selanjutnya disebut LTMPT). LTMPT secara resmi diluncurkan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia pada 4 Januari 2019.

Cara daftar SNMPTN 2022

1. Masuk ke halaman berikut: snmptn.ltmpt.ac.id atau portal.ltmpt.ac.id

2. Masuk dengan akun LTMPT permanen. Masukkan email dan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya.

3. Mengisi pilihan program studi Saat mendaftar SNMPTN, peserta dapat memilih dua program studi (prodi) di dua program PTN.

Jika peserta mengambil dua program studi, salah satunya harus di universitas negeri di kabupaten yang sama dengan sekolah menengah. Namun jika hanya mengambil satu program studi, maka peserta bebas mengambil program studi di PTN manapun. Jika pilihan program studi masuk daftar hitam, berarti tidak bisa dipilih karena tidak sesuai dengan kriteria pendaftaran yang dipersyaratkan. Misalnya, program studi yang hanya dibuka untuk Jurusan Ilmu pengetahuan alam (IPA) akan berwarna hitam di layar peserta dari Jurusan Ilmu Sosial(IPS). Jika sudah memilih pilihan program studi dan PTN, klik “Simpan semua pilihan”.

Atau bisa juga klik “Hapus Opsi Dua” jika ingin mendaftar di satu program studi saja.

4. Pengisian Portofolio wajib diisi oleh peserta yang memilih program studi seni dan olahraga. Untuk program studi di dua bidang ini, portofolio menjadi kriteria wajib hingga 50 persen. adapun file portofolio maksimum yang diunggah adalah 100MB. Sedangkan bagi peserta yang belum memilih program studi seni dan olahraga, akan muncul informasi bahwa tidak perlu mengunggah file.

5. Isi Prestasi Bagi pendaftar SNMPTN 2022 yang berprestasi, harap mengisi halaman prestasi dengan maksimal tiga prestasi. LTMPT mendefinisikan tingkat pencapaian terendah, yaitu di tingkat kabupaten/kota. Unggah bukti pencapaian dan berikan deskripsi, seperti lomba, level, dan jumlah peserta yang berpartisipasi. Pengisian achievement ini bersifat opsional dan tidak wajib. Bagi peserta yang belum memiliki prestasi dapat langsung melanjutkan ke tahap selanjutnya.

6. Finalisasi Peserta dapat mengakhiri jika semua entri data diyakini benar. Setelah selesai, peserta tidak dapat lagi membatalkan atau mengubah pilihannya

7. Upload kartu registrasi Peserta dapat mendownload dan mencetak kartu registrasi. Kartu registrasi ada di sebelah kanan halaman checkout. Demikian informasi tentang Pendaftaran SNMPTN 2022. Hasil SNMPTN 2022 akan diumumkan pada 29 Maret 2022. Selamat atas pendaftaran Anda dan semoga berhasil lolos seleksi!

Informasi resmi SNMPTN 2022 dapat dilihat di https://www.ltmpt.ac.id.