Pengertian dan Cara teknikal analisis Crypto Untuk Keberhasilan Trading

Pengertian dan Cara teknikal analisis Crypto Untuk Keberhasilan Trading

Di dunia yang modern ini, Crypto mulai banyak memiliki peminat. Crypto yang awal mulanya hanya diminati oleh beberapa orang saja, kini mulai diminati oleh berbagai kalangan yang dibuktikan dengan banyaknya pemula yang mempelajari teknikal analisis Crypto. Memang benar jika teknikal analisis pada Crypto ini sangat berpengaruh dalam proses trading.

Tentu saja, jika trader telah mahir melakukan teknikal analisis ini maka lebih besar kemungkinan baginya untuk berhasil mendapatkan laba dari Crypto atau bahkan menjadi sukses karenanya. Namun, bagi pemula, hal ini tidak mudah untuk dilakukan. Perlu pemahaman yang matang dan waktu belajar yang lebih untuk mahir dalam bidang ini.

Apa Itu teknikal analisis Pada Crypto?

Teknikal analisis termasuk dalam salah satu cara untuk memperkirakan laju harga dari suatu aset. Jika dikaitkan dengan teknikal analisis Crypto, maka aset yang diperkirakan oleh trader ialah aset dalam Crypto. Memperkirakan laju harga dari suatu aset ini bukanlah secara sembarangan atau bahkan dengan menebak-nebak saja.

Ada ilmu dan juga dasar dari perkiraan yang dilakukan dan juga alasan dibalik perkiraan Crypto tersebut. Umumnya, teknikal analisis ini dilakukan dengan mengamati laju dari pembelian aset oleh para trader lainnya. Yang diamati berkaitan dengan berapa banyak aset yang dibeli, dan seberapa diminatinya aset Crypto tersebut di pasar Crypto bagi para trader yang bergabung di sana.

Cara Melakukan teknikal analisis Pada Crypto

Bisa dikatakan bahwa teknikal analisis Crypto ini memiliki hubungan yang erat dengan grafik, statistik, dan juga angka-angka pada grafik. Oleh karena itu, sebelum mempelajari ilmu teknikal analisis ini, trader pemula perlu memahami terlebih dahulu cara membaca grafik yang ada pada pelajaran matematika. Selanjutnya, inilah beberapa cara dari teknikal analisis Crypto yang penting untuk diperhatikan.

1. Mengamati Laju Pasar

Dalam teknikal analisis ada tiga istilah penting yang mendasar dan wajib dipahami oleh semua trader. Ketiga istilah itu ialah laju harga naik, menyamping, dan turun. Ketiga laju pergerakan tersebut memiliki warnanya masing-masing yang tentunya berbeda.

  • Laju naik yang dimaksud adalah kondisi dimana harga pasar sedang melonjak tinggi dengan grafik naik dan berwarna hijau. Pada posisi ini, umumnya para investor ahli akan menggunakannya sebagai waktu untuk menjual. Namun para pemula malah sebaliknya dikarenakan mereka mengira harga pasar akan lebih baik jika membeli pada posisi ini.
  • Kondisi menyamping merupakan kondisi laju pergerakan pasar yang belum menentu apakah akan hijau dan naik, ataukah merah dan turun. Pada keadaan ini disarankan untuk tidak melakukan apapun dikarenakan ini adalah keadaan yang ambigu.
  • Kondisi turun adalah kebalikan dari kondisi naik yang mana laju harga sedang mengalami penurunan. Pada keadaan ini, investor ahli yang berpengalaman akan membeli banyak dengan harga murah dengan mempertimbangkan masa depan Crypto yang diperkirakan akan naik nantinya.

2. Menentukan Target

Dalam hal teknikal analisis Crypto, target merupakan sesuatu yang penting untuk ditentukan saat membeli dan menjual Crypto. Dalam target inilah para trader akan menentukan pada harga manakah mereka akan membeli dan menjual Crypto. Dengan kata lain, disinilah tolak ukur keuntungan yang bisa didapatkan oleh trader berdasarkan target yang mereka tentukan.

Batas bawah atau batas minimum umumnya untuk menentukan target beli Crypto. Sedangkan batas atas digunakan untuk menentukan target beli Crypto. Namun, menentukan target juga perlu berhati-hati. Tentukan target Crypto sesuai dengan kemampuan dan keadaan pasar saat itu.

3. Konfirmasi Harga

Konfirmasi ialah cara teknikal analisis Crypto yang dilakukan setelah menentukan target. Langkah ini dibutuhkan untuk menentukan apakah akan menjual atau membeli. Tentu saja keputusan ini dapat diambil setelah mengamati grafik dan memperkirakan keadaan selanjutnya berdasarkan data.

Sekian penjelasan tentang teknikal analisis Crypto beserta pengertiannya. Jika ingin mahir menjadi trader Crypto, maka ikuti langkah-langkah diatas sambil mempraktekkannya. Ingatlah untuk tidak gegabah dan tetap tenang agar dapat fokus mengamati grafik Crypto.