Pentingnya Memelihara Wajah Agar Sehat dan Bersih

Pentingnya Memelihara Wajah Agar Sehat dan Bersih

Siapa sih yang tidak mendambakan wajah terlihat putih, bersih dan bercahaya ? Hampir setiap orang ingin memiliki wajah yang sehat. Namun sayang, tidak semua paham pentingnya memelihara wajah agar sehat dan bersih.

Memelihara wajah agar tampak sehat tidak harus dilakukan dengan produk perawatan wajah yang mahal kok. Ada banyak cara sederhana dan alami yang bisa anda lakukan sendiri di rumah untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bersih.

Pentingnya Memelihara Wajah Agar Sehat dan Bersih

Tahukah anda apa sih pentingnya memelihara wajah agar sehat dan bersih ? Mungkin bagi sebagian orang tidak menyadari betapa pentingnya memiliki wajah yang sehat. Memelihara wajah penting untuk menghindari dari risiko terjadinya noda hitam dan  jerawat.

Seperti yang kita ketahui, kondisi dan tampilan kulit wajah setiap orang berbeda, tergantung dari faktor internal dan externalnya. Untuk itu, penting ketahui merawat kulit wajah dengan cara yang benar untuk mencegah timbulnya berbagai masalah kulit. Berikut uraiannya.

  1. Menggunakan Sabun Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit

Tips pertama untuk perawatan kulit wajah agar tampak lebih sehat dan bersih yaitu dengan membersihkan wajah menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit. Coba perhatikan, jenis kulit yang anda miliki termasuk normal, kerinh, berminyak atau sensitif ?

Perlu diketahui bahwa berbeda jenis kulit, maka berbeda pula sabun pembersih wajah yang cocok digunakan. Jika kulit wajah anda kering dan sensitif, maka disarankan memilih produk sabun pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol namun dapat melembabkan kulit.

Sementara bagi pemilik wajah berminyak, sebaiknya menggunakan sabun pembersih wajah yang berbahan dasar lembut dan mengandung gliserin. Sabun wajah khusus untuk kulit berminyak ini ditujukan agar dapat melembapkan wajah tanpa membuatnya berminyak lebih.

Selain itu orang yang bertipe kulit berminyak juga disarankan memilih produk perawatan kulit yang memiliki label noncomedogenic. Hal ini penting diperhatikan supaya kulit tidak mengalami penyumpatan pori-pori serta terhindar dari komedo dan jerawat.

  1. Mencuci Wajah Secara Rutin

Mencuci wajah secara rutin setiap harinya adalah salah satu perawatan kulit yang paling sederhana dilakukan. Dengan mencuci wajah minimal dua kali sehari, itu artinya anda sudah mencegah timbulnya berbagai masalah seperti jerawat, noda hitam, penuaan dan sebagainya.

Mencuciwajah pada pagi dan malam hari menjelang tidur menjadi salah satu pertanda bahwa anda memahami pentingnya memelihara wajah agar sehat dan bersih. Mencuci muka bertujuan untuk mengangkat kotoran dan bakteri yang menempel saat beaktivitas di luar rumah.

Namun yang perlu diperhatikan, bersihkan wajah perlu dilakukan dengan cara yang benar. Untuk membersihkan wajah, mulai dengan membasuh wajah dengan air hangat. Gunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit tadi, lalu beri pijatan lembut secara melingkar.

Selanjuntnya, anda dapat membilas kembali wajah dengan air hangat dan mengeringkannya menggunakan handuk bersih. Tepuk wajah secara perlahan sampai benar-benar kering. Jika perlu, gunakan tooner untuk mengangkat sisa kotoran yang mungkin masih menempel.

  1. Menggunakan Pelembap

Cara merawat wajah agar sehat dan tampak lebih bersih selanjutnya ialah dengan menggunakan pelembap. Cara satu ini tidak boleh terlewatkan jika ingin menjaga kelembapan alami kulit wajah. Pelembap wajah digunakan setelah selesai mencuci muka.

Memilih pelembap sesuai dengan jenis kulit juga perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan efek samping pada kulit wajah. Jika kulit wajah anda berminyak dan berjerawat, sebaiknya gunakan pelembap yang berbahan dasar air dan bebas kandungan minyak.

Dalam memilih pelembap wajah, sebaiknya pilih pelembap yang didalamnya terkandung bahan-bahan yang dapat menjaga keseimbangan pH kulit,  menjaga kelembapan alami wajah, memperbaiki kerusakan sel-sel jaringan kulit serta mengurangi efek radikal bebas.

  1. Menggunakan Tabir Surya

Pentingnya memelihara wajah agar sehat dan bersih menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang memilih memakai tabir surya ketika beraktivitas di luar rumah. Penggunaan tabir surya disini berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Mengapa kulit wajah juga perlu menggunakan tabir surya ? Tabir surya khusus untuk wajah dengan SPF 30 aman dipakai dalam segala kondisi. Dengan menggunakan tabir surya, kulit wajah akan terlindungi dari munculnya flek, keriput hingga perubahan warna kulit.

Selain penggunaan tabir surya, anda juga disarankan untuk mengenakan pakain berlengan panjnag, topi serta kacamata hitam saat berada di luar ruangan dengan cuaca yang panas, terutama dalam rentang waktu pukul 10.00-16.00.

  1. Menjalani Pola Hidup Sehat

Tahukah anda bahwa penyebab kerusakan pada kulit wajah tidak hanya dari faktor lingkungan ? Melainkan juga dari faktor internal, seperti misalnya dari pola hidup yang tidak sehat.

Merawat kulit wajah agar tampak bersih, putih dan bercahaya tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan perjuangan dan rutinitas yang positif untuk mendapatkan wajah yang sehat dan bersih.

Anda perlu menjalani pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, memperbanyak minum air putih, rutin berolahraga, tidur yang cukup, mengelola stres dengan baik serta menghindari rokok dan alkohol.

Pertama, soal makanan yang dikonsumsi harus makan-makanan yang dapat memenuhi  kebutuhan nutrisi harian dengan frekuensi makan yang cukup, yaitu sehari tiga kali. Misalnya saat sarapan, didalamnya harus ada karbohidrat, protein, lemak sehat dan serat.

Jangan berharap anda memiliki wajah yang sehat dan bersih jika anda tidak suka mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan vitamin E didalamnya. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah bagus untuk menjaga kesehatan kulit .

Selain itu, kebutuhan cairan juga harus terpenuhi dengan cukup. Memperbanyak minum air putih sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit wajah. Dalam sehari minimal minum air putih 2 liter untuk menjaga agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik.

Olahraga rutin juga perlu dilakukan untuk menjaga agar wajah tetap terlihat awet muda dan mencegah terjadinya penuaan dini. Lakukan olahraga ringan seperti lari pagi atau jogging saat pagi atau sore hari setidaknya 30 menit dalam sehari.

Jangan sepelekan soal olahraga, karena akan tampak terlihat perbedaan kondisi kulit wajah seseorang yang rutin berolahraga dengan yang tidak suka olahraga sama sekali. Jangan malas berolahraga demi memelihara kesehatan wajah ya!

Hal terpenting dalam perawatan wajah lainnya yaitu memiliki waktu tidur yang cukup. Pasalnya, seseorang yang menjaga kualitas tidurnya akan berdampak pada kulit wajah yang sehat, bersih dan bercahaya.

Sebaliknya, orang yang tipe suka begadang hingga pagi harinya ia masih merasa lemas, tentu saja akan berpengaruh pada kesehatan kulit wajah. Bukan tidak mungkin akan muncul berbagai masalah pada kulit seperti keriput hingga penuaan.

Oleh karena itu, jalankan pola hidup yang sehat agar keinginan anda memiliki wajah yang sehat dan bersih dapat terwujud. Memang membutuhkan sedikit perjuangan, karena tidak semua hal bisa didapatkan dengan instan. Bukankah demikian ?

Nah, itulah dia ulasan singkat mengenai pentingnya memelihara wajah agar sehat dan bersih serta tips merawat kulit wajah dengan benar. Semoga apa yang disampaikan diatas dapat menginspirasi dan bermanfaat ya!