Penyebab Orang Mudah Tertidur Saat Mendengarkan Air

Penyebab Orang Mudah Tertidur Saat Mendengarkan Suara Air

Penyebab orang mudah tertidur saat mendengarkan suara air- Saat mendengar suara hujan turun apakah akan membuat kamu mengantuk? Atau Ketika sedang liburan ke pantai dan mendengar deru ombak serta berteduh dibawah ponoh bisa membuat kamu jadi tertidur? Atau mungkin saat di dalam rumah kayu dan disebalahnya terdapat aliran air sungai juga menimbulkan kantuk?

Apakah kamu tau penyebab orang akan mudah tertidur Ketika mendengar suara air? Jawabannya terletak pada otak kita, yang menafsirkan suara-suara yang ditimbulkan dari deru ombak, rintik hujan serta suara aliran sungai sebagai sesuatu yang nyaman. Secara ilmiah, suara-suara tersebut disebut dengan white noise.

Merujuk pada artikel di popular science yang ditulis oleh Colin Lecher, bahwa white noise adalah suara bising yang konsisten keluar secara merata di semua frekuensi yang dapat didengar.

Orfeu Buxton mengatakan, suara bising yang dikeluarkan dan sulit dipahami akan cenderung membuat seseorang sulit tidur. Akan tetapi, hal ini bukan terletak pada volumenya. Akan tetapi mengacu pada karakter suara yang dapat memicu apa yang disebut sistem kewaspadaan yang diaktifkan dalam bentuk ancaman oleh otak dan dapat membuat orang terkejud dari tidurnya.

Suara debur ombak membuktikan, meskipun suara yang dihasilkannya bisa sangat bervariasi volumenya, dengan interval hening serta diikuti oleh crescendos. Suara keributan yang dibuat ombak naik-turun, intensitasnya tetap halus. Sedangkan suara teriakan ataupun telepon berdering yang tiba-tiba berbunyi dan menembus keheningan, dapat mencapai kenyaringan tertinggi secara instan.

Karena gemericik air dapat membuat kenyamanan. Apakah kamu pernah mendengarkan suara yang menenangkan ini terdapat di dalam musik?

Terdapat sebuah penelitian dimana orang-orang diminta untuk mendengarkan lagu-lagu santai, seperti music klasik selama kurang lebih 45 menit sebelum mereka akan tidur. Hasilnya, tempo musik tersebut dapat membuat tertidur.

Hal ini dikatakan oleh Michael Breus, Ketika seseorang akan beranjak tidur detak jantung akan mulai melambat, dan mulai bergerak menuju kisaran 60 denyut per menit. Maka dengan kata lain Ketika seseorang mendengarkan musik dengan irama yang lambat akan mengarahkan detak jantung kea rah zona tidur.