Syarat Terjadinya Interaksi Sosial Berikut Dengan Contohnya

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial Berikut Dengan Contohnya

Jelaskan Syarat terjadinya interaksi sosial?
Interaksi sosial atau hubungan sosial merupakan hal yang lumrah terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari, terlebih karena kita adalah makhluk sosial. Kita tidak bisa hidup tanpa orang lain, bahkan tak jarang dengan adanya interaksi sosial, kita dapat menemukan makna hidup.

Menurut Homans, interaksi sosial dapat diartikan sebagai suatu kejadian ketika aktivitas yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain mendapatkan timbal balik dengan menggunakan tindakan tertentu oleh individu lain yang menjadi pasangannya.

Sementara itu, menurut Shaw, interaksi sosial dapat diartikan sebagai pertukaran antarpribadi yang masing-masing pribadi menunjukkan perilakunya satu sama lain dalam kehadiran mereka dan masing-masing perilaku mempengaruhi satu sama lain.Interaksi sosial dapat terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok.
Adapun untuk dapat terjadinya suatu interaksi sosial, dibutuhkan beberapa syarat, yaitu:
1. Terdapat setidaknya 2 orang
Interaksi sosial membutuhkan setidaknya 2 orang. Dengan adanya minimal 2 orang yang saling berinteraksi, maka akan muncul juga kontak sosial dan psikologi.

2. Adanya tujuan bersama
Tujuan bersama dalam suatu interaksi sosial memegang peranan yang penting. Hal ini karena tujuang bersama akan menjadikan interaksi efektif.

3. Adanya kesamaan konsep
Untuk menciptakan suatu interaksi sosial, butuh kesamaan konsep antara pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Dengan berinteraksi dengan orang yang memiliki konsep yang sama dengan kita, komunikasi bisa berjalan dengan lancar dan membuahkan manfaat bagi semua pihak.
4. Kontak sosial
Kontak sosial menjadi syarat utama terjadinya interaksi sosial. Kontak sosial dapat diartikan sebagai hubungan antara beberapa orang yang dilakukan lewat komunikasi berdasarkan maksud dan tujuan masing-masing dalam kehidupan bermasyarakat.

5. Komunikasi
Komunikasi dapat diartikan sebagai interaksi antara seseorang dengan orang lain. Dengan adanya komunikasi, kita dapat menyampaikan pesan atau konsep yang kita miliki terhadap orang lain.
kesimpulan:
Interaksi sosial terjadi ketika seseorang dalam lingkungan masyarakat melakukan tindakan terhadap orang lain. Interaksi sosial dapat terjadi antarindividu, antarkelompok, maupun individu dengan kelompok.

Contoh interaksi sosial antara lain:
1.kerja sama antara anggota tim sepak bola dalam sebuah pertandingan
2.aktifitas jual beli antara pedagang dan pembeli dipasar.