Tata Cara Memulai Investasi Saham Untuk Pemula

Tata Cara Memulai Investasi Saham Untuk Pemula

Belakangan dunia investasi seperti saham memang banyak diminati oleh sejumlah kalangan. Mengingat jenis investasi memang cukup beragam mulai yang mempunyai jangka pendek hingga jangka panjang. Bagi pemula investor pemula agaknya penting untuk mengetahui cara memulai investasi saham terlebih dahulu. Dimana tujuannya supaya keuntungan yang dapat diperoleh bisa maksimal.

Dilihat secara umum tata cara untuk memulai kegiatan investasi bukan perkara yang mudah. Mengingat sejumlah godaan terkadang datang dengan beragam bentuk. Misalnya ingin membeli sesuatu hingga mengakibatkan dana untuk investasi terpakai. Di samping itu sejumlah investor juga mempunyai rasa khawatir serta takut akan investasi itu sendiri. Berikut daftar tata cara untuk memulai kegiatan investasi dengan instrumen saham:

1. Memilih Instrumen Investasi

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh investor ketika hendak memulai kegiatan investasi adalah memilih instrumen yang diinginkan. Dalam hal ini investor bisa memilih instrumen dalam bentuk saham mengingat jenis investasi jumlahnya cukup beragam. Mulai dari emas sampai dengan properti dengan penawaran keuntungan masing-masing.

2. Menyiapkan Dana

Daftar berikutnya sebagai cara memulai investasi saham adalah dengan mempersiapkan sejumlah dana sebagai modal investasi. Di sini memang tidak dilakukan penentuan batasan akan nominal maksimal serta minimalnya ketika melakukan penyiapan dana ini. Dimana dana ini nantinya dipakai untuk melakukan kegiatan pembelian saham yang diinginkan.

3. Menentukan Perusahaan Sekuritas

Jangan lupa untuk melakukan penentuan terhadap jenis perusahaan sekuritas yang bakal dipakai untuk investasi saham. Nantinya perusahaan sekuritas ini mempunyai peran sebagai perantara untuk melakukan penjualan maupun pembelian saham. Di samping itu perusahaan ini juga mampu memberikan bantuan kepada investor ketika hendak membuka rekening saham pada BEI.

4. Membuka RDN

Untuk memulai kegiatan investasi selanjutnya adalah investor perlu melakukan pembukaan terhadap Rekening Dana Nasabah atau yang sering disebut dengan istilah RDN. Nantinya proses pembukaan terhadap jenis rekening ini pun bakal dibentuk oleh pihak sekuritas terkait.

Perlu diketahui bahwa proses pendaftaran dari RDN ini sekarang dapat dijalankan oleh investor dengan cara online. Cara ini tergolong lebih mudah dilakukan tentunya dengan melengkapi sejumlah persyaratan yang telah ditetapkan, misalnya saja seperti KTP, kemudian NPWP dan lainnya.

5. Memilih Saham

Jika sejumlah langkah sebelumnya telah dilakukan oleh investor, maka langkah berikutnya untuk memulai investasi saham adalah dengan melakukan pemilihan terhadap saham itu sendiri. Apabila investor telah mempunyai RDN, maka investor perlu melakukan pengaktifan terhadap akun dari aplikasi trading yang ada.

Nantinya aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk menunjang investor dalam melakukan kegiatan penjualan maupun pembelian saham yang diinginkan. Di samping itu aplikasi ini juga bisa dipakai untuk memperoleh sejumlah informasi yang dibutuhkan terkait investasi yang dijalankan.

6. Melakukan Pemantau Pasar

Langkah terakhir yang perlu dilakukan oleh investor ketika ingin memulai berinvestasi dengan instrumen saham yakni dengan menjalankan pemantau terhadap kondisi pasar yang ada. Pasalnya sebagaimana yang banyak diketahui bahwa harga diri suatu saham bakal dipengaruhi oleh sejumlah hal. Misalnya saja seperti kondisi politik, kemudian ekonomi, juga kesehatan dan lainnya dari suatu negara.

Itu tadi sekilas pembahasan mengenai daftar cara memulai investasi saham dengan keuntungan maksimal. Ulasan di atas kiranya penting diketahui oleh para orang yang mulai tertarik untuk mencoba melakukan kegiatan investasi dengan memakai instrumen saham. Dimana beberapa cara tersebut bisa menjadi referensi supaya hasil yang diperoleh dari investor dapat sesuai dengan harapan.