Ternyata Begini Cara Membaca Grafik Saham Mudah Untuk Pemula!

Ternyata Begini Cara Membaca Grafik Saham Mudah Untuk Pemula!

Keterampilan dalam melakukan analisa sangatlah penting bagi seorang investor, terlebih lagi data yang ditampilkan biasanya berupa grafik. Cara membaca grafik saham seharusnya sudah dikuasai oleh para investor, tetapi bagaimana untuk para pemula? Simak penjelasan berikut mengenai bagaimana cara untuk membaca grafik saham bagi pemula:

Tentang Grafik Saham

Ketika para investor pemula mulai untuk melakukan investasi saham, biasanya akan mengalami kebingungan saat melihat grafik. Grafik saham biasanya akan muncul dengan beberapa komponen di dalamnya. Tampilan serta warna dari grafik tersebut juga berbeda satu dan lainnya.

Grafik yang ditampilkan tersebut melambangkan pergerakan naik atau turunnya jumlah harga saham yang ditawarkan. Jika seseorang belum memahami grafik tersebut tentu akan kesulitan untuk melakukan transaksi. Hal ini akan terasa sangat sulit ketika investor memilih saham yang tepat.

Cara Membaca Grafik Saham

Untuk dapat melakukan investasi saham dengan mudah dan juga menghasilkan keuntungan maksimal tentu ada caranya. Hal ini tentu dipengaruhi juga oleh kemampuan membaca grafik yang baik, bagaimana caranya? Supaya lebih jelas, simak berikut ini pembahasannya yaitu:

1. Memeriksa Time Frame

Cara membaca grafik saham pertama yang dapat para pemula lakukan yaitu dengan memeriksa time frame. Time frame adalah salah satu komponen penting yang dapat memperlihatkan pergerakan harga beserta rentang waktu. Memungkinkan investor dapat memastikan waktu yang tepat untuk melakukan transaksi.

Jenis dari prime time yang dapat dipakai oleh para investor pun sangat beragam, mulai dari per 1 hari, minggu bahkan bulan. Ketika para investor menggunakan grafik lilin, maka pergerakan pada batangnya akan terus berubah. Hal itu secara langsung akan menggambarkan naik serta turunnya saham saat itu.

2. Membaca Trend

Jika sudah bisa melakukan analisa grafik, selanjutnya para investor pun diharuskan agar bisa membaca trend. Pergerakan trend harga baik naik ataupun turun akan terlihat dari grafik yang ditampilkan. Kemampuan dalam membaca trend ini tentunya akan memudahkan investor dalam bermain saham.

3. Melakukan Support-Resistance

Setiap investor tentunya harus paham akan istilah yang terdapat dalam tampilan grafik saham, termasuk support-resistance. Kedua istilah tersebut mempunyai arti yang berbeda, support adalah batas bawah yang terjadi ketika harga mengalami penurunan setelah naik. Sebaliknya resistance adalah batas atas yang terjadi ketika harga mengalami kenaikan setelah penurunan.

Ketika berbicara tentang saham, para investor seharusnya sudah mengetahui tentang prinsip yang terdapat di dalamnya. Hal itu bisa saja seperti price move in trend sampai history repeat. Beberapa prinsip tersebut tentu dapat memudahkan para investor untuk melakukan analisa saham kedepannya.

4. Kepiawaian Membaca Momentum

Selanjutnya, kepiawaian dalam membaca momentum pun jadi hal terpenting yang harus diketahui. Biasanya kemampuan membaca momentum ini berperan penting saat seorang investor menggunakan candlestick, mengapa? Hal ini dikarenakan dapat memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai analisa grafik.

Ukuran dari setiap candle yang terdapat dalam grafik memberi simbol terjadinya sebuah pergerakan momentum. Ketika candlenya semakin besar maka harga akan semakin naik dan juga kuat. Beda lagi kasusnya jika candle semakin kecil, maka akan terjadi hal yang sebaliknya.

Merupakan pengetahuan yang sangat penting dan berguna untuk para investor bukan? Mahirnya seseorang dalam membaca momentum tentu dapat memudahkan investor untuk melakukan transaksi yang tepat. Bukan hanya itu saja, investor pun bisa mendapatkan hasil maksimal ke depannya.

Demikianlah penjelasan terkait cara membaca grafik saham yang memang seharusnya diketahui dan dipahami oleh setiap investor. Memutuskan terjun ke dalam dunia investasi, terlebih lagi saham tentu butuh pembelajaran yang mendalam. Jika hal tersebut sudah dikuasai, maka kegiatan investasi pun akan sangat mudah untuk dilakukan.