Tips Menjaga Kesehatan Lambung Agar Tetap Sehat

Tips Menjaga Kesehatan Lambung Agar Tetap Sehat

Menjaga kesehatan fisik tak kalah pentingnya dengan menjaga kesehatan organ dalam. Salah satu organ dalam  yang paling rentan terkena sakit adalah lambung. Lambung berguna sebagai tempat penyerapan zat-zat yang kita konsumsi. Agar dinding lambung tak mudah sakit, maka anda perlu mengetahui tips menjaga kesehatan lambung agar tetap sehat.

Lambung merupakan organ dalam tubuh yang masuk dalam kategori sistem pencernaan. Lambung memiliki beberapa fungsi diantaranya seperti mengolah makanan, menyimpan zat makanan, filter zat berbahaya, dan menyerap zat-zat yang baik bagi tubuh. Lambung sendiri mengandung asam dan enzim untuk menjalankan fungsi-fungsinya.

Dari fungsi-fungsinya, lambung perlu dijaga agar tetap sehat. Lambung yang sehat akan tentunya akan membuat pemiliknya dalam keadaan yang aman. Aman dalam arti bahwa tak ada ancaman sakit ini dan itu ketika anda mengkonsumsi makanan dan minuman.

Tips Menjaga Kesehatan Lambung Agar Tetap Sehat

Agar kondisi lambung tetap fit dan kuat, maka ada beberapa hal yang mesti anda lakukan. Tak sekedar olahraga fisik, anda perlu memperhatikan hal kecil yang berpengaruh pada kesehatan lambung anda. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan mengenai tips menjaga kesehatan lambung agar tetap sehat sebagai berikut ini.

  1. Makan dalam Porsi yang Kecil

Tak selamanya makan dalam porsi yang besar itu baik bagi sistem pencernaan. Bagi penderita asam lambung, mengkonsumsi makanan dan minuman harus sesuai takaran tertentu. Tak semua jenis makanan dan minuman bisa dicerna dengan baik di lambung. Jika salah konsumsi, akibatnya asam lambung akan kumat dan lambung berada di kondisi yang tidak stabil.

Maka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sangat disarankan untuk mengatur pola makan yang sehat. Salah satunya dengan mengambil porsi makan yang kecil dari takaran makan normal. Perhatikan juga menu yang seimbang, misal ada karbohidrat, protein, dan asupan gizi yang cukup dan aman bagi kesehatan lambung.

  1. Menghindari Makan Makanan Pedas

Agar lambung tetap dalam kondisi yang normal, anda perlu menjaga pola makan anda dengan baik. Terutama bagi anda yang doyan makan pedas, atur tingkat kepedasan makanan yang anda konsumsi. Jangan terlalu banyak makan makanan pedas setiap hari. Sering makan pedas bisa memicu asam lambung naik hingga perihnya dinding lambung.

Apalagi saat ini banyak makanan pedas menggugah selera yang sering di tayangkan di TV ataupun di media sosial. Tayangan tersebut mungkin menggoda bagi anda, dan anda ingin sesekali mencoba makanan pedas tersebut. Namun untuk menjaga kesehatan lambung anda, sebaiknya dihindari agar asam lambung tak makin menjadi.

  1. Selalu Makan Tepat Pada Waktunya

Makan pada waktu yang tepat menjadi salah satu tips menjaga kesehatan lambung agar tetap sehat. Makan di waktu yang tepat berarti anda perlu makan secara teratur di waktu yang sama. Cara makan yang baik adalah selalu makan di tiga waktu, diantaranya sarapan di pagi hari, siang hari, dan malam hari. Untuk makan malam, sebaiknya anda makan 3 jam sebelum tidur.

Nah yang paling sering mengakibatkan asam lambung naik adalah mengkonsumsi makanan di malam hari. Biasanya jam-jam makan malam yang baik adalah sebelum jam 18.00 – 19.00 malam. Perhatikan jika malam-malam anda perut harus dalam kondisi yang nyaman. Hindari mengkonsumsi camilan sebelum beranjak tidur.

  1. Rajin Minum Air Putih Setiap Hari

Sudah diakui banyak orang, bahwasanya mengkonsumsi air putih setiap hari sangat menyehatkan tubuh. Air putih berguna untuk menambah cairan dalam tubuh sekaligus sebagai detoksifikasi alami. Air putih mengandung mineral yang baik, sehingga bisa juga untuk melancarkan peredaran darah.

Namun perlu anda ketahui, meminum air putih setiap hari juga membantu menguatkan dinding lambung agar lebih sehat. Jadi segala jenis makanan yang anda makan, akan dinetralkan oleh air putih. Aturan konsumsi air putih yang baik adalah minimal 8 gelas per hari. Jangan terlalu berlebihan dalam minum air putih walaupun air putih itu menyehatkan.

  1. Kurangi Makanan Berlemak

Hampir dimanapun anda berada, pasti anda akan dengan mudah menemui makanan yang mengandung banyak lemak. Misalnya ada makanan yang digoreng, makanan berkuah, makanan bersantan dan lain sebagainya. Terlalu banyak makan makanan berlemak tak baik bagi kesehatan lambung. Hal ini dikarenakan lemak akan memperlambat perncernaan di dalam lambung.

Maka dari itu, salah satu tips menjaga kesehatan lambung agar tetap sehat yakni sebaiknya anda menghindari makanan berlemak terutama kandungan lemak yang jenuh. Jika kadangkala anda ingin mengkonsumsinya, tidak masalah. Asalkan anda tetap memperhatikan takaran dalam porsi yang kecil dan tidak berlebihan.

  1. Mengkonsumsi Sayuran dan Buah-Buahan

Sejak kecil, kita pasti diajarkan orang tua untuk makan sayur dan buah agar tetap sehat. Ternyata hal ini tak hanya berkaitan dengan kesehatan tubuh luar, tetapi juga tubuh bagian dalam. Lambung juga perlu asupan nutrisi yang bergizi dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Namun sebelumnya, anda juga perlu memperhatikan jenis sayur dan buah yang aman bagi lambung.

Tak semua jenis sayur dan buah mudah diterima oleh penderita asam lambung. Contohnya adalah sayuran yang mengandung banyak gas dan buah yang terlalu banyak kandungan vitamin C-nya. Buah yang terlalu asam bisa menimbulkan rasa perih pada lambung.

  1. Mengatur Kondisi Pikiran dan Emosional

Dalam pandangan psikologi, kondisi pikiran dan emosi seseorang yang sedang tak baik, ternyata juga bisa memberikan pengaruh terhadap kesehatan tubuh, termasuk lambung. Apalagi jika saat ini anda sedang mengalami stress berlebihan dan banyak memikirkan suatu permasalahan, secara tak langsung selera makan anda bisa jadi menurun.

Penurunan selera makan juga bisa menurunkan hormone prostaglandin, yang akibatnya terjadilah asam lambung. Maka dari itu, atur kondisi mental, pikiran, dan emosional kita dengan baik. Jangan mudah stress dan lakukan aktifitas positif yang menyenangkan, agar hal-hal negatif bisa mudah terlupakan.

  1. Menghindari Merokok dan Minum Alkohol

Rokok dan alkohol adalah dua hal yang paling memberikan efek buruk bagi tubuh manusia. Rokok memiliki kandungan zat-zat yang berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Hal serupa juga ada pada minuman alkohol, yang kandungannya bisa merusak sistem pencernaan dalam jangka panjang.

Maka dari itu, bagi anda yang sering merokok dan meminum minuman beralkohol, sebaiknya mulai dihindari. Hal ini akan memperburuk kesehatan terutama dalam organ dalam. Lambung bisa menjadi sasaran empuk rokok dan alkohol dan membuatnya menjadi lemah hingga berubah menjadi asam lambung akut yang sangat fatal.

Demikian pembahasan mengenai tips menjaga kesehatan lambung agar tetap sehat. Lambung memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap makanan dan minuman yang kita konsumsi. Maka dari itu, sayangi lambung anda dengan memperhatikan tips-tips diatas. Tetap jaga kesehatan fisik dan pikiran, karena pikiran bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan fisik.